Blog

Jumat, 14 Juni 2013

Jika Macet Menulis Puisi



Saya suka iseng nulis, tapi sering "mentok" di tengah jalan. Gimana dong?

Lalu saya mendapat pencerahan dari buku yang sedang saya baca, judulnya Menapak ke Puncak Sajak karya Hasan Aspahani, penyair terbaik cybersastra award 2000-2006.



Di halaman 36, saya merangkum beberapa kalimat yang menurut saya penting buat kita semua ketika "kemacetan" mendera dalam perjalanan menulis puisi.
Beliau menuturkan bahwa ada suatu kali nanti, kita merasa tidak mampu menyelesaikan puisi yang tengah kita tulis. Padahal, awalnya ada ilham yang begitu kuat yang mendorong untuk menuliskannya. Atau dari awal kita tidak memiliki alasan yang bertenaga untuk menuliskan puisi itu.
Hasilnya sama saja ; mentok.

Berikutnya, beliau memaparkan beberapa cara untuk menyikapi hal ini:

1. Hentikan saja dulu menulis.
2. Cobalah mencari ide untuk puisi lain.
3. Lakukan hal lain selain menulis puisi.
4. Simpan saja puisi yang gagal tadi.
5. Biasanya (dan siapa tahu) nanti akan datang lagi ide lain untuk menyelesaikan puisi yang tertangguhkan dan tertunda itu.


Jadi gimana? Saya pribadi, ketika menyikapi hal ini, saya akan berhenti. Ya, berhenti.
Tapi, ide-ide jangan pernah dibiarkan berhenti mengalir dalam pikiran kita ya?
Semoga bermanfaat.

Salam,
[:D



Daftar Pustaka:

Aspahani, Hasan. 2007. Menapak ke Puncak Sajak. Depok: Penerbit Koekoesan.

6 komentar:

  1. aku juga kayak gitu perasaan :D

    BalasHapus
  2. berhenti? heheu kakak makasih sering ke sini :)

    BalasHapus
  3. Kebetulan lagi mau bikin puisi. Terus sering mentok, ga tau lagi mau nulis apa. Mudah mudahan minggu depan udah bisa bikin puisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Kak. Iya sama, saya juga sering mentok.
      Amin, semoga sukses, Kak
      [:D

      Hapus
  4. Di blog-ku ada beberapa tulisan masih dalam bentuk draf. Aku biarin aja, dan beberapa kuselesaikan beberapa waktu kemudian. Ada yg beberapa bulan kemudian baru aku selesaikan. Ya aku biarin aja. Aku mulai aja dengan yang baru. Ya gitu itu...
    Salam kenal, semoga bisa meledak blog-nya... Main ke blog-ku, http://errornita.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal, Mbak..iya, jangan dipaksain^^
      amin..hehe meledak? hangus dong nih blog? hehe..
      oke..#HappyBlogging ^^

      Mia [:D

      Hapus

Hello, thank your for the comment :)