Blog

Jumat, 27 Desember 2013

SMA Negeri 1 Kota Magelang Rebut 3 Medali Olimpiade Sains Nasional


Foto dinukil dari akun Facebook Mbak Canadia Tessa Pradani

Sibema Batch 27--Tiga siswa SMAN 1 Magelang mengukir prestasi pada olimpiade sains nasional SMA yang diselenggarakan di kampus ITB Bandung, tanggal 2-8 September 2013 lalu. Mereka adalah Husen Wahyu Adi (astronomi), Kurniawati Yuli Ashari (ekonomi), dan Fun Nagede Adinsyah (ekonomi).

Olimpiade sains dilaksanakan secara bertahap di setiap jenjang. Awalnya, mereka tergabung dalam tim olimpiade sains SMAN 1 Magelang diberi pelatihan di sekolah untuk olimpiade sains tingkat kota, kemudian berhasil lolos tingkat provinsi. Sebagai wakil provinsi Jawa Tengah menuju nasional, terlebih dahulu mereka diberi pelatihan di Salatiga selama 28 hari, sehingga harus meninggalkan sekolah untuk beberapa waktu. Pelatihan dari provinsi yang merupakan penggemblengan karena pemberian materi baru, kerja keras siang-malam, sempat merasa down dan nggak betah saat menjalani karantina di Salatiga, namun kegagalan Husen, Fun, dan Nia pada olimpiade tahun lalu malah membangkitkan passion  mereka untuk membawa nama SMANSA dan Jawa Tengah. Dukungan dari orang-orang terdekat juga menambah semangat mereka untuk meraih kejuaraan, yaitu berupa medali.
Beberapa hari sebelum bertolak ke Bandung, kontingen Jawa Tengah dibekali motivasi di Semarang agar bermental juara. Doa dari orang tua dan teman-teman SMANSA mengantar langkah Husen, Nia, dan Fun ke Bandung tanggal 1 September 2013. Selama menjalani rangkaian kegiatan yang dimulai tanggal 2 September 2013, sempat dirasakan oleh ketiga pendekar SMANSA tersebut rasa pesimis bersaing dengan peserta se-Indonesia. Usai menjalani berbagai tes yang tak terduga dan berliku-liku, mereka menyerahkan segalanya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sabtu 7 September 2013 di Sasana Budaya Ganesha Bandung, menjadi hari yang paling menegangkan. Satu per satu peraih medali maju ke panggung, nama Fun Nagede Adinsyah dipanggil untuk menerima medali perunggu ke-9 cabang ekonomi, lalu Kurniawati Yuli Ashari dengan medali perak ke-2 cabang ekonomi, dan ditutup oleh Husen Wahyu Adi menyabet medali emas ke-3 cabang astronomi. Akhirnya perjuangan ketiga siswa tersebut berbuah manis dengan membawa pulang medali emas, perak dan perunggu ke SMAN 1 Magelang.
« Fun : Buang rasa pesimis yang muncul dalam benakmu dan positive thinking. Serahkan semua kepada-Nya.
« Nia : Man Jada Wajadda
« Husen : Jadilah diri sendiri, jangan mudah terpengaruh, tapi tetap mendengarkan. Jika ada keinginan, pasti ada jalan.
Quotes promo bertiga :
Ayo ikut OSN! OSN bukan hanya untuk siswa yang langganan ranking di kelas, tapi buat kalian yang memiliki niat dan passion. Perjuangan sekuat tenaga membawa nama SMANSA merupakan kunci meraih kemenangan. OSN takkan melahirkan penyesalan meski bagaimanapun akhirnya. 
Published on G-Magz second edition 2013

 Catatan Pribadi:
Saat mewawancarai tiga kakak kelas yang super duper keren ini, saya sama Aisyah (rekan kerja Gmagz sekaligus ketua umum Sibema ) nervous. Berasa di depan gunung yang tinggiii bangetttt...hahaha apalagi saya bukan anak grup OS (olimpiade sains) di sekolah.
Satu hal yang masih saya inget banget, mas Fun bilang, kita mesti punya passion. Passion yang emang harus kita jaga, biar kita tetep semangat gituuu.
Yes, dan saya rasa wawancara dengan orang-orang keren emang bawa pengalaman yang nggak bisa dibeli.

Masa depan, siapa yang tahu?
 Semoga bermanfaat ^^


Sumber foto: di sini

0 komentar:

Poskan Komentar

Hello, thank your for the comment :)