Blog

Kamis, 27 Maret 2014

Khusnudzan





Khusnudzan, berprasangka baik kepada Allah dan terhadap apapun keputusan yang diberikan Allah, kadang sulit. Tapi jika diingat-ingat lagi, khusnudzan merupakan perintah Allah, telah disebutkan bahwa manusia dilarang berputus asa. Keputusan Allah tidak semua kita anggap baik awalnya, namun yang kita nilai baik belum tentu baik pula di mata Allah. Mulanya baik, tapi kadang hikmahnya buruk, begitu pula sebaliknya, keputusan buruk (yang kita anggap buruk), malah berbuntut hikmah yang indah, tanpa kita  ketahui sebelumnya. Tugas manusia hanyalah beribadah, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sebagai pelajar seperti saya, kewajiban saya ialah belajar, berupaya semaksimal mungkin. Upaya yang saya lakukan semampu saya, pasti banyak hambatan yang menjadi penghalang. Rasa malas dan berbagai sifat buruk lainnya, yang ternyata itu semua adalah bujukan setan yang terkutuk, sering menghinggapi saya. Saya harus jadi pribadi yang kuat. Lingkungan dilarang mempengaruhi saya, justru saya yang harus mempengaruhi lingkungan.

 
Bagaimanapun juga, sifat manusia dasarnya adalah gampang putus asa. Saat diberi rahmat, manusia bisa lalai. Sifat ini sudah tercantum dalam kitab suci Al-Qur’an, Surah Hud ayat 9-11,
“Dan jika Kami rasakan kepada manusia suatu rahmat (nikmat) dari Kami, kemudian rahmat itu Kami cabut daripadanya, pastilah dia menjadi putus asa lagi tidak berterima kasih.(9)
Dan jika Kami rasakan kepadanya kebahagiaan sesudah bencana yang menimpanya, niscaya dia akan berkata: "Telah hilang bencana-bencana itu daripadaku"; sesungguhnya dia sangat gembira lagi bangga,(10)
kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar.(11)”
Seperti ujian yang mesti dihadapi manusia, baik rahmat maupun bencana sebenarnya ngetes kita buat gimana caranya kita ngehadapin itu kejadian. Masih inget nggak sama Allah?
Apapun itu, yuk sama-sama berkhusnudzan...saling ngingetin buat berpositif thinking aja karena apa yang terjadi belum tentu sejalan dengan rencana kita, selalu inget Allah ^^

1. Ikhlas
2. Hammasah ^^ (semangaaaat teman-teman!)


Monggo dishare...

Magelang, November 2012-Maret 2014

Foto= Juli 2012, bakti sosial  OBAMA (Forum Anak Kota Magelang) setelah pertemuan Hari Anak dan Hari Keluarga Nasional tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kyai Langgeng, Magelang.

4 komentar:

  1. Iya bener.. dengan ber-khusnuzhon kita jadi gak parnoan juga jadi orang. Hidup jadi lebih terasa damai.

    BalasHapus
  2. berhusnudzon = tidak nggosip

    BalasHapus
  3. @Oky=sama anak2 OBAMA, Kik, hehe..di depan Gardena itu Kik..
    @Tante Ade Anita=nggih Tante, peace ^^
    @Kak Eruvierda=yaap..eh kakak suka naik gunung ya? kereen ^^

    Terima kasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus

Hello, thank your for the comment :)