Blog

Selasa, 04 Agustus 2015

SNMPTN Lintas Jurusan 2015 Universitas Gadjah Mada (UGM)




Lintas jurusan. Apa yang dipikirin tentang lintas jurusan? Khianat? Lol.
Yap. Boleh gitu berpendapat. Kali ini aku bakal cerita tentang SNMPTN lintas jurusan 2015 di UGM ya.
Jujur deh, sejak awal kelas X mau penjurusan ke kelas XI tuh bingung mau ambil IPA/IPS. Aku suka semuanya. Tapi, lebih kepo ke bio-kimia. Ortu sih terserah Mia aja mau IPA/IPS. Akhirnya, yaudah, aku IPA deh. Seingetku, pernah terlintas ntar mikir: kuliah mau jurusan apa? mungkin sastra Indonesia. Mungkin.
Pas mengarungi waktu selama hampir 1,5 tahun (halah), rasanya ya suka IPA but it’s not my passion. Jiwaku nggak ada di situ. Tiba menjelang SNMPTN 2015, sejak bulan November 2014 udah ribut ini hati sama pikiran. Alay.
Fix sih. Aku SNMPTN mau lintas jurusan aja, mau ambil bahasa yang notabene jiwaku banget deh, hehe.
November 2014-Januari 2015:
Sempet ketar-ketir sih sama anak-anak IPS, beruntung sih komunikasi angkatan SMA-ku a.k.a INVICTA top banget deh. Kami terbuka satu sama lain. Well, yang minat ke jurusan bahasa nggak lebih dari lima orang...lalu masalah lain muncul: mau bahasa apa? -_-
Februari-Maret 2015:
Aku mantepin diri deh mau jurusan apa, huhu. Awalnya, mau pendidikan bahasa Inggris UNY/UNNES. Maunya sih gitu.
Saat-saat terakhir pendaftaran SNMPTN 2015, ibu bilang: “Kenapa nggak sastra Indonesia aja?”
Seorang teman sejak SD, Febrianto M.Isa, yang ninggalin kami ke langit Maret 2015, juga bilang:
“Udahlah Mi, sastra Indonesia aja wis.” (huhu, thanks Rian!)
Oh iya. Aku inget-inget lagi. Justru jurusan sastra Indonesia pernah terlintas di mimpi pertamaku sejak kelas X. Mungkin benar apa yang Khusnudin bilang: “Tu Mi, seseorang pasti bakal balik ke mimpi pertama.” Wkwkw. He is so...awesome.
Kenapa aku milih UGM? Jelas, deket sama Magelang. Biasa, ortu pertama dan terakhir nguliahin anak, jadi yang deket aja. Terus, sebenernya mau UNDIP tapi nggak boleh sama Ibuk. Nggak tau tu Ibuk.
Nah. Ternyata, seangkatanku yang mau sastra Indonesia ada dua, aku sama Kawkab. Kawkab maunya di UI sih. Yaudah nggakpapa deh. Alhamdulillah anak-anak IPS nggak marah sama aku hehe...soalnya Cuma Kawkab tok yang minat. (Alhamdulillah sekarang Kawkab udah di UI loh)
Akhirnya aku milih jalur SNMPTN jurusan: sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada. Satu tok. One. Lillahita’ala. Masih inget banget, waktu ndaftar di ruang lab komputer sekolah, deg-degan bareng temen-temen.
April 2015:
Ujian Nasional yang......bzz. Lupain aja UN. Fokus SBMPTN. Sial, SBMPTN malah bingung mau jurusan apa....
Mei 2015:
9 Mei. Hari annivnya married ortu huwa. Janjinya jam 17 WIB pengumumannya. Anak-anak kelas a.k.a Funtastic 4 udah ribut di grup Whatsapp. Ibuk udah siap tisu sama segelas air putih, takut aku pingsan atau histeris, wkwk.
Sekitar maghrib, aku buka web SNMPTN....login...dan....

Alhamdulillah...jadi hadiah ulang tahun pernikahan ortu...



.


FYI: temen seangkatanku juga ada yang lintas jurusan UGM, dia ambil manajemen malah...favoritnya anak IPS, huehe...kalo ditanya, kok bisa lintas jurusan? Emang nilainya Mia dewa? NGGAK. Hahaha. Nggak tau. Jadi misteri deh. Ternyata, waktu meet up anak-anak sastra Indonesia, nggak cuma aku doang yang lintas jurusan.
Well, apakah kamu udah yakin sama jurusan kuliah yang kamu akan pilih? ^^ Semangat ya Dek...boleh komentar atau nanya.. :D Selamat belajar!

32 komentar:

  1. Kak mau tanya kalau tahun ini UGM masih bisa snmptn lintas minat gak ya ? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantengin aja um.ugm.ac.id dek, per jurusan biasanya dikasih keterangan kok bisa nerima jurusan apa aja... :)
      tapi, prioritas kalo linear xD

      Hapus
  2. kak tapi temen kakak itu ada prestasi yang menonjol nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prestasi akademik? atau piagam2 gitu maksudnya? ^^ tiap siswa pasti berprestasi kok, tergantung bidangnya apaa

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Kak.. Temen kk yg kawkab itu lulus snmptn di ui jurusan sastra indo wlopun lintas jrusan?

    Terus nilai2 kk gmn kak, kalo anak ipa mau masuk prodi ips bknny hrs tinggi gtu nilainy? Ada yg turun ga nilai kk d smester 5? Kasi info ttg nilai ny dong kak hehe. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kawkab lulus SBMPTN ya dek...

      nilaiku biasa2 aja ehheehhe

      Hapus
  4. Permisi, mau tanya.. kalo waktu SMA jurusan IPS, lalu mau lintas jurusan kuliah ambil yg IPA (rencananya dokter hewan) bisa gk ya? yg bisa di univ mana aja? thankyou :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf dek, ak kurang tahu :)
      banyak browsing2 aja heheh

      Hapus
  5. permisi kak.. temen kakak itu punya nilai ekonomi nggak sebelumnya? dan apakah dia punya prestasi yg menunjang untuk masuk ke fakultas bisnis dan manajemen? apakah sebelumnya disekolah kakak udh banyak yg lolos snmptn feb?? mohon balas secepatnya kak sebentar lagi soalnya udh masukin snmptn :) thanks ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai ekonomi hanya saat kelas X saja :D

      Hapus
  6. nilai rapot kakak rata ratanya berapa ya?

    BalasHapus
  7. Peluang lintas jurusan HI UGM gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, maaf baru balas. kalo HI aku kurang tahu :(

      Hapus
  8. Lintas jurusan psikologi ugm peluangnya gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalo sepengalamanku sih psikologi UGM prioritas IPS ya..

      Hapus
  9. @Taliha amany : jadi hi ugm boleh lintas jurusan nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh-boleh aja, tapi tetep prioritas sejalur aja ya...

      Hapus
  10. Kak, hi ugm tahun ini bisa lintas jurusan snmptn nggak kak? Kak gmana cara liat nya diweb nya? Boleh kakak post dsini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://um.ugm.ac.id/
      semangat :)
      aku kurang tau :(

      Hapus
  11. Hebat kak, HI Lintas minat tahun ini. tau nggak kak. udah coba cari tapi belum diverifi di sirus snm sama ugmnya yang ada cuman kouta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi lintas minat? Tapi bisa kan ipa ngambil HI? 😂 Sama sama HI kita

      Hapus
  12. rata rata nilai rapornya berapa kak kalau tmnnya yang lulus snmptn di manajemen ugm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 8.6-8.7 :)
      tapi faktor asal sekolah jg diperhatikan :D

      Hapus
  13. Kak aku dari IPA tapi pengen lintas minat ke IPS tapi nilai aku untuk IPS cuma ada ekonomi kelas X. Gimana peluangnya kak?

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Kak yang dirata-ratain mapel un aja ya? Trus rata" terakhir kk di smstr 5 berapa ya? Biar jadi acuan juga gitu hehe, boleh minta contact email/line atau semacam untuk nanya lebih lanjut? Makasih ^^

    BalasHapus

Hello, thank your for the comment :)